5 Kuliner Khas Pulau Dewata Bali

Emir Atarita/ August 10, 2016/ Kuliner/ 0 comments

Selain kaya dengan destinasi wisata yang menarik, Bali juga kaya akan kulinernya. Kuliner khas Bali pun cita rasanya lezat-lezat yang tentu bakal membuat siapa saya yang mencicipinya bakal ketagihan dan ingin untuk mencicipinya lagi. Nah, artikel ini akan membeberkan 5 diantara sekian banyak kuliner khas Bali. Berikut ini ulasannya :

1. Bebek Betutu

Bebek Betutu adalah kuliner dari pulau Dewata yang memiliki cita rasa lezat dan proses pembuatannya yang unik dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Prosesnya sendiri adalah daging bebek yang sudah dibumbui, dipijat-pijat supaya bumbunya bisa meresap sampai dengan tulang, setelah itu bebek dibungkus menggunakan daun pisang dan dipanggang di api sekam. Nah, proses memasaknya inilah yang memerlukan waktu sampai dengan berjam-jam.

2. Srombotan

Apabila dilihat sekilas srombotan punya sedikit kemiripan dengan Pecel, yang mana srombotan merupakan kuliner berupa campuran berbagai sayuran seperti kangkung, kubis, dan juga kacang panjang. Hanya bedanya Srombotan dengan Pecel adalah terletak pada bumbunya. Jika bumbu pecel terbuat dari kacang, namun bumbu Srombotan terbuat dari kalas. Kalas sendiri ialah campuran santan dengan lengkuas, kunyit, bawang putih, kencur dan juga ketumbar. Inilah yang menjadi khas dari Srombotan.

3. Sate Lilit

Berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Lilit khas Bali beebahan dasar ikan yang dihaluskan kemudian dibumbui dan dililitkan pada batang serai. Inilah yang membuat Sate Lilis menjadi kuliner yang khas. Rasa pedas dikombinasikan bersama dengan wangi dan gurihnya dari serai. Bahkan sate lilit ini rendah lemak, jadi tidak terlalu menakutkan bagi yang sedang diet.

4. Bubur Mengguh

Bubur Mengguh adalah kuliner khas Bali Utara yang bahan pembuatannya sendiri berasal dari beras dan juga santan. Penyajiannya dilengkapi bersama dengan ayam suwir dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Lengkap juga dengan siraman kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan secara terpisah.

5. Tum Ayam

Kuliner khas Bali yang selanjutnya adalah Tum Ayam. Kuliner tradisional yang satu ini tidak jauh berbeda dari pepes. Cara pembuatannya adalah daging ayam dincincang, lalu dibumbui dengan beragam rempah-rempah dan juga santan, kemudian dibungkus memakai daun pisang serta dikukus sampai matang. Cita rasanya begitu lezat, apalagi ada aroma khas dari daun pisangnya sendiri.

Baca juga: Berwisata Menikmati Keindahan Danau Linting

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*