Pentingnya Investasi Infrastruktur pada Perkembangan Ekonomi

Emir Atarita/ August 7, 2018/ Investasi/ 0 comments

Ekonomi di Indonesia memang masih dibilang dalam keadaan berkembang. Akan tetapi, seiring perkembangan waktu juga, Indonesia perlahan untuk berdiri dan mengembangkan perekonomian yang telah lama tidak mengalami kemajuan. Dengan peraturan baru dalam melakukan investasi, sekarang perekonomian juga semakin lebih baik. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekonomi, tentu tidak asing lagi dengan berbagai jenis investasi, salah satunya adalah investasi infrastruktur yang sekarang mulai dikembangkan oleh Indonesia.

Negara kita sendiri juga sedang gencar-gencarnya dalam memperbaiki infrastruktur Negara. Mulai dari tempat umum untuk masyarakat, bandara, bahkan proyek-proyek pembukaan jalan yang awalnya hanya hutan dan sulit untuk dilewati, kini sudah sangat luas untuk bisa dijadikan jalan.

Mungkin bagi orang awam, adanya pembangunan infrastruktur yang telah pemerintah lakukan hanya menghabiskan uang Negara saja. Padahal hal itu juga bisa dilakukan dengan adanya investasi infrastruktur yang telah dilakukan dan bekerjasama dengan banyak pihak. Tidak hanya satu pihak saja yang memainkan peran, namun pemerintah juga menggaet beberapa badan swasta untuk mau memberikan investasi pada proyek tersebut. Adanya infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah, semata-mata untuk kepentingan masyarakat juga. Pembangunan jalan tol, akan memudahkan masyarakat dalam perjalanan, tidak ada medan yang terjal dan juga bisa mengantarkan dari satu provinsi dengan provinsi lain hanya dengan kendaraan darat saja. Pemerintah juga memikirkan manfaat dalam pembangunan tersebut.

Melalui investasi infrastruktur,

dalam APBN perubahan 2017 tercatat bahwa target untuk memajukan infrastruktur yang ada di Indonesia itu berupa :

  1. pembangunan jalan sepanjang 835 km yang kini sudah terlaksana di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan sudah ada yang mulai beroperasi.
  2. pembangunan jembatan sepanjang 10.198 Jembatan ini nantinya akan membantu para pengendara kendaraan darat untuk menyeberang sungai.
  3. pembangunan 13 bandara baru/lanjutan. Sekarang sudah ada Bandara yang baru beroperasi di Bandung. Dan Bandara tersebut adalah jenis Bandara untuk kedatangan internasional.
  4. pembangunan terminal penumpang lanjutan untuk 3 lokasi. Kini sudah ada yang jadi karena melanjutkan proyek yang dulu. Dan yang pembangunan yang baru masih dalam tahap proses.
  5. pembangunan jalur kereta api sepanjang 710 km.
  6. pembangunan/pengembangan fasilitas pelabuhan laut pada 61 lokasi.

Semua pembangunan yang dilakukan tersebut, memang bermanfaat semuanya untuk rakyat. Karena pemerintah juga mengabdikan diri untuk masyarakat, jadi semuanya terjadi hanya untuk kepentingan bersama. Tentu saja investasi infrastruktur berperan sekali dalam memasok dana dalam setiap pembangunan. Baik dari Badan Usaha Negara, Badan Usaha Daerah, dan juga Badan Usaha Swasta telah bekerjasama untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Memang anggaran Belanja Negara pada tahun 2017 meningkat dibandingkan yang sebelum-sebelumnya, karena banyak infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah sendiri.

Pada Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal juga menyebutkan, adanya pembangunan Infrastruktur ini nantinya akan menjadi pilar kemajuan Negara yang masih pada taraf berkembang. Adanya investasi infrastruktur dari berbagai pihak, juga akan membantu mewujudkan pembangunan tersebut. Bagaimana mau membangun jika tidak ada biaya yang masuk untuk melakukan itu semua. Dan investasi ini, di Indonesia sendiri juga diawasi oleh BKPM, yaitu Badan Koordinasi Penanaman Modal yang tugasnya Koordinasi pelaksanaan kebijakan nasional di bidang penanaman modal. Jadi dalam arus investasi nanti, akan selalu diawasi oleh badan ini, agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Leave a Reply