Tips Membentuk Keluarga Bahagia dan Harmonis

Emir Atarita/ June 29, 2016/ keluarga/ 0 comments

Keluarga melambangkan ikatan yang mengikat anggota-anggota keluarga dan mewadahi anggota keluarga dalam memainkan perannya di masyarakat. Sesama anggota keluarga biasanya tinggal dalam satu atap. Keluarga sangat mempengaruhi anggota keluarganya terutama dalam hal budaya dan kepribadian. Karena itulah keluarga yang baik dibutuhkan untuk membentuk pribadi yang baik pada anggotanya. Keluarga bahagia dapat terbentuk jika setiap elemen penyusun keluarga dapat menjalankan perannya dengan baik. Ayah, ibu dan anak semuanya harus menjalankan perannya masing-masing.

Keluarga Bahagia yang Diidamkan Setiap Orang

Ketika hendak menikah pastinya seseorang mendambakan keluarganya menjadi keluarga bahagia. Keluarga seperti ini tentunya menjadi tujuan hidup setiap orang. Ukuran bahagia menurut setiap orang tentu saja berbeda. Tetapi keluarga yang seperti itu adalah keluarga dengan kondisi keluarga yang harmonis, segala sesuatunya dapat dibicarakan, dan rasa sayang setiap anggota keluarga dapat dirasakan oleh anggota keluarga lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja bukan hanya usaha dari orang tua saja, tetapi dari seluruh anggota keluarga. Dengan banyaknya kesibukan setiap anggota keluarga, terutama ketika anak sudah berusia besar, tentunya waktu untuk berkumpul menjadi hal yang susah. Setiap anggota keluarga memiliki kesibukan masing-masing, sehingga komunikasi juga akan terasa sulit.

Hal yang paling penting dalam sebuah keluarga adalah adanya komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik menjadi dasar untuk mewujudkan keluarga bahagia. Setidaknya luangkanlah minimal sehari dalam seminggu untuk berkumpul dengan keluarga. Kumpul keluarga ini menjadi momen yang penting untuk menjaga keharmonisan keluarga. Ketika sedang kumpul keluarga, biasanya setiap anggota keluarga akan menceritakan segala bentuk kesibukan dan masalah yang mereka punya. Dengan adanya kumpul keluarga ini, maka dapat bertukar pikiran antar anggota keluarga. Orang tua juga tentunya memiliki masalah, mereka juga dapat bercerita dengan anaknya jika memang hal tersebut wajar untuk diceritakan kepada anaknya. Mungkin anaknya dapat memberikan masukan untuk orang tuanya.

Hal Berikut Dapat Membentuk Keluarga Bahagia dan Harmonis

Keluarga bahagia dapat dicapai dengan cara menciptakan dan menikmati momen  kebersamaan dengan anggota keluarga yang lain. Arti dari menciptakan momen kebersamaan adalah berusaha untuk melakukan aktivitas bersama meskipun hanya aktivitas kecil yang sering dilakukan sehari-hari. Menciptakan momen kebersamaan tidak harus dengan berlibur bersama yang bisa menghabiskan banyak biaya. Momen kebersamaan bisa diciptakan dengan cara sarapan bersama, mengobrol dan saling berbagi cerita bersama. Momen kebersamaan tidak hanya diciptakan saja, tetapi juga harus  dinikmati. Kebahagiaan keluarga dapat dicapai dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Melakukan komunikasi dengan intens untuk mencegah terjadinya miskomunikasi.
  • Saling menerima kekurangan masing-masing anggota keluarga.
  • Saling menasehati satu sama lain antara anggota keluarga yang satu dengan yang lain.
  • Saling percaya dan pengertian.
  • Saling memberi support dan semangat.
  • Sesegera mungkin menangani masalah yang terjadi dalam keluarga.
  • Saling berkompromi antara anggota keluarga.

Keluarga berperan penting dalam perkembangan sikap dan kepribadian para anggotanya sehingga kebahagiaan dan keharmonisan dalam keluarga merupakan suatu keharusan. Keharmonisan tersebut dapat menuntun manusia pada kehidupan yang baik dan bahagia tanpa adanya konflik yang berarti. Hal yang paling penting sebenarnya adalah komunikasi karena komunikasi yang baik mengarahkan pada keluarga bahagia. Kebahagiaan keluarga dapat diusahakan dan dicapai jika semua anggota keluarga mau bekerja sama untuk saling mengerti dan memahami satu sama lain melalui momen-momen kebersamaan. Momen kebersamaan Anda dapat menjadi lebih bermakna dengan secangkir teh Sariwangi karena  harum aroma  Sariwangi dapat menambah hangatnya suasana dalam momen kebersamaan keluarga Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*