Tips Memilih Pakaian Bayi

Emir Atarita/ June 29, 2016/ keluarga/ 0 comments

Menunggu saat-saat persalinan merupakan hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Ada banyak hal yang perlu disiapkan, baik mental, fisik, dan barang-barang termasuk pakaian bayi. Bicara masalah pakaian untuk buah hati yang sebentar lagi lahir ke dunia tentu tidak dapat dilakukan sembarang. Anda harus punya tips khusus memilih pakaian untuk buah hati.

Ukuran Sesuai

Anda dapat memprediksi seberapa besar ukuran buah hati melalui USG atau tinggi fundus uteri (besarnya perut). Nah, belilah ukuran baju yang kira-kira setingkat lebih besar dibandingkan ukuran bayi saat lahir. Mengapa? Proses pertumbuhan bayi pada awal kehidupan begitu pesat. Daripada sebentar lagi pakaiannya tidak muat, lebih baik beli yang agak besar saja.

Kainnya Lembut dan Menyerap Keringat

Kulit bayi yang baru dilahirkan teramat sensitif. Untuk itu, perlu kain yang lembut dan menyerap keringat agar tidak menimbulkan iritasi. Baju bayi yang bagus terbuat dari katun dengan kualitas menengah (minimal). Kain katun biasanya terasa dingin saat dikenakan. Hindari kain sifon atau kaos yang kurang bisa menyerap cairan tubuh bayi.

Lengkap

Tulislah jenis-jenis pakaian yang diperlukan oleh buah hati kita setelah lahir di dunia. Mulai dari popok, kaos dalam, baju bayi, bedong, sarung tangan dan kaki, selimut, dan topi bayi. Jangan sampai ada yang ketinggalan daripada bingung mencarinya setelah persalinan.

Modelnya Sederhana

Tidak perlu memikirkan gaya dalam pakaian bayi, yang terpenting adalah model yang nyaman dikenakan, mudah dipakai dan dilepaskan. Adapun hiasan tidak boleh mengganggu kenyamanan buah hati kita. kadang ada baju yang bagian lehernya berenda dan membuat bayi gatal-gatal tidak nyaman. Untuk itu, pertimbangkan kembali aspek kenyamanan ketika membeli pakaian untuk buah hati. Masalah bergaya bisa dilakukan ketika usianya beberapa bulan.

Baju baru yang telah Anda beli tersebut hendaknya dicuci dulu dengan sabun cuci Rinso sebelum dikenakan. Mengapa? Kita tidak tahu bagaimana proses pembuatan dan pendistribusiannya. Mungkin ada kuman dan kotoran yang menempel dalam prosesnya sehingga perlu dilakukan pembersihan. Setelah dicuci, Anda dapat menyetrika baju bayi dengan rapi dan dimasukkan tas persalinan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*